Tradingview Widget

Wednesday, March 14, 2018

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai macam sumber data, termasuk yang di berikan melalui blog



Melalui laman ini, dicoba untuk menggabungkan beberapa sumber data yang layak dipercaya, terutama karena diambil langsung dari laman Bursa Efek Indonesia dengan sedikit penggabungan untuk mendapatkan data Frekwensi dan Net Foreign Buy/ Sell.

Pengguna Amibroker bisa melakukan import, untuk membedakan dengan sumber data lain, digunakan ketentuan sebagai berikut :

Nama file diawali dengan kode fms lalu diikuti dengan 2 digit tahun (YY), 2 digit bulan (MM) dan 2 digit tanggal (DD) dan extension txt.
Untuk format filename pada Import Wizard Amibroker bisa dituliskan sebagai berikut : fms*.txt

Format tanggal yang digunakan adalah MDY.

Urutan kolom adalah :
<date>,<ticker>,<open>,<high>,<low>,<close>,<volume>,<frekwensi>, <value>,<NBSA>

Frekwensi menyatakan frekwensi emiten tersebut ditransaksikan dalam sehari perdagangan, NBSA adalah selisih dari pembelian dengan penjualan yang dilakukan oleh institusi/ perorangan  asing, dan value adalah nilai total perdagangan pada satu hari.

Value bila dibandingkan dengan volume akan menghasilkan rerata harga pada perdagangan harian tersebut.

Value 1 lot saham berharga 500 adalah 50.000, sedangkan 1lot saham berharga 5000 akan memiliki value 500.000. Bisa diperbandingkan dengan frekwensi dan volume masing-masing untuk mendapatkan analisa yang lebih mendalam mengenai transaksi harian.

Pada Amibroker hanya tersedia 2 slot untuk data baru, yaitu Aux1 dan Aux2, sementara pada data yang diberikan ada 3 kolom data baru, yaitu Frekwensi, Value dan NBSA, tentu saja pengguna harus memilih salah satu yang akan dikorbankan. Untuk gambaran secara umum, banyak trader yang memilih untuk mengamati pergerakan institusi asing, sehingga lebih banyak yang memilih menggunakan <Aux1> untuk frekwensi dan <Aux2> untuk Net Foreign.

Data EoD diambil dari group

Disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk mengolah data tersebut, maka sangat dianjurkan untuk memiliki beberapa database, untuk mengatasi resiko keterlambatan data feeder.

Untuk praktek melakukan analisa teknikal bisa melalui channel

Data EoD dengan Frekwensi, value dan NBSA untuk bulan berjalan bisa melalui 

Gdrive

Tutorial import ASCII pada Amibroker melalui channel Stock Technician

Data Awal
Afl FQ
Oktober 2017 - Des 2017
2018

Jan 2019 Feb 2019 Mar 2019 Apr 2019 Mei 2019 Jun 2019 Jul 2019 Agt 2019 Sep 2019 Okt 2019 Nov 2019 Des 2019 Jan 2020 Feb 2020 Mar 2020 Apr 2020 Mei 2020 Jun 2020 Jul 2020 Agt 2020 Sept 2020 Okt 2020 Nov 2020

Eod 2021

UPDATE Januari 2023. Kawan-kawan yang menggunakan EOD Paman Saham bisa subscribe ke channel Data EOD Amibroker di Telegram. Data tersedia sejak 2 Januari 2023. Dengan perubahan ini, setidaknya masalah penyimpanan data di cloud bisa teratasi. Semoga membantu.

Mulai bulan Mei 2019 dan seterusnya, arsip dipindahkan ke cloud server karena keterbatasan kapasitas GDRIVE yang digunakan untuk arsip video workshop online. Beberapa data bulanan lainnya juga sempat terhapus dari GDRIVE. Mohon maaf atas ketidaknyamanan,

Sekarang tersedia data EOD sejak tahun 1984, tetapi pada beberapa bagian tidak tersedia data frekwensi , NBSA dan Valuasi. Data EOD tersebut diperoleh dengan bantuan seorang sahabat dengan persyaratan tidak untuk digunakan secara komersil. Untuk itu kami memerlukan data pribadi pengguna dengan melakukan registrasi melalui google form..Data EOD ini dilengkapi dengan data indeks sektoral dan IHSG. Terbagi dalam 2 file masing-masing lebih 40MB. Data sudah termasuk adjustment right issue dan stocksplit. Dan hebatnya lagi tersedia secara GRATIS. Untuk keperluan analisa teknikal dengan menggunakan amibroker tersedia tutorial melalui channel Stock Technician.

Update 2019 : Data EOD tahun 2018 (fms18*.txt) dipindahkan ke folder tersendiri, silahkan download melalui link ini.
Format tahun sejak januari 2020 menggunakan 4digit ditujukan terutama untuk pengguna Amibroker.

Update Desember 2020 : BEI telah merilis pengumuman akan menghentikan update data EOD secara gratis melalui situs web idx.co.id terhitung 4 Januari 2021. Saat ini, tim Paman Saham sedang mengupayakan berbagai kemungkinan sumber data yang bisa dipercaya. Bila sampai tenggat waktu 4 Januari 2021 belum dapat kami temukan, sesuai komitmen pilihan yang tersedia menyediakan data gratis atau berhenti total.
Chart untuk analisa teknikal gratis bisa didapatkan dengan melakukan registrasi Trading View. Tetap ikuti analisa yang kami lakukan di channel Stock Technician, dan dapatkan berbagai tips menarik di Bursa Saham Indonesia.

UPDATE Januari 2023. Kawan-kawan yang menggunakan EOD Paman Saham bisa subscribe ke channel Data EOD Amibroker di Telegram. Data tersedia sejak 2 Januari 2023. Dengan perubahan ini, setidaknya masalah penyimpanan data di cloud bisa teratasi. Semoga membantu.

76 comments:

  1. untuk eodnya nggak di lanjut lagi yah min???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih lanjut, tiap hari sampai hari Jumat kemarin. Semuanya masih ada di gdrive

      Delete
  2. Terima kasih banyak atas datanya Pak,sangat membantu. Tuhan memberkati Bpk.

    ReplyDelete
  3. belum ada lanjut datanya ya min?juni?

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak pak datanya bermanfaat

    ReplyDelete
  5. terima kasih banyak buat datanya,paman dan keponakannya ;)
    semoga selalu sehat dan bahagia ;)

    ReplyDelete
  6. yg hr ini datany blm submit ya min,,

    ReplyDelete
  7. pak mona kalau data bulan lalu masih bisa di tarik gak yaa pak, karena laptop saya 1 bln lalu sedang rusak pak, baru bisa skrg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu bisa, tinggal di search aja di gdrive, saya kelompokkan datanya utk setiap bulan dalam folder tersendiri

      Delete
  8. makasih pak, sangat membantu mantappp

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  11. afl nbsa nya bisa didownload dari mana ya pak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. NBSA digambar dengan histogram saja, tentu saja dengan nilai 0 ditengah, sehingga terlihat kalu terjadi net sell, harga akan berada di bawah 0, bisa diwarnain merah supaya terlihat dgn cepat,

      Delete
  12. kalo cari nilai value pada Eod rumusnya bagaimana ya pak? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. data valuasi yg diberikan adalah sesuai valuasi transaksi yang terjadi setiap hari dari website idx, Data tersebut diperlakukan sama seperti volume, ditampilkan dgn histogram, karena setiap hari dimulai dengan hitungan 0, mirip tagline pertamina

      Delete
  13. Apakah data yg disediakan sudah memperhitungkan stock split/reverse?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum, untuk setiap corporate action yg mempengaruhi jumlah saham beredar, harus dilakukan secara manual, termasuk stocksplit/ reverse, right issue.

      Delete
  14. datanya apakah tdk di share lg??
    di:
    https://drive.google.com/drive/folders/1evtUFZw3dXjQLS2FCBpdsRd40DGlU6Qs

    kosong, tolong share data ini tetap dilanjutkan.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, hanya hatimu aja yang kosong. Mungkin terlalu lama jomblo

      Delete
  15. perhitungan data NBSA nya seperti apa ya? karena kalo saya bandingkan dengan nilai dari "net foreign buy" di aplikasi chart yang lain, nilainya berbeda dengan data nilai NBSA yang diberikan di google drive

    ReplyDelete
  16. NBSA adalah selisih antara Net Foreign Buy dan Net Foreign Sell, didapat langsung dari idx.co.id. Kalau ada perbedaan dengan situs lain harus tahu juga darimana asal perhitungan dan sumber datanya.

    ReplyDelete
  17. om, data juni 2019 eror tidak bisa di download. tolong di upload ulang.
    terima kasih

    ReplyDelete
  18. Terima kasih ya Min, selama ini ikut menikmati data hasil EODnya. Sukses terus

    ReplyDelete
  19. om... data bl Juli blm ada y ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulan berjalan ada di gdrive, coba liat ulang di atas ada link utk ke gdrive

      Delete
  20. Trima kasih datanya Pak, sangat membantu.. semoga mendapat balasan yang setimpal

    ReplyDelete
  21. hallo pak untuk download data EOD di mana ya mksi

    ReplyDelete
  22. Akhir2 ini upload datanya sering telat om, apakah sedang ada kendala teknis, jika ya smoga cepat slesai ya.. salam cuan

    ReplyDelete
  23. mau tanya, bagaimana cara menghapus 1 hari EOD yang terlanjur input tp keliru tanggalnya karena pas input kebalik harusnya data tanggal 3/6/2018 (6 maret 2018) tp masuknya 6/3/2018 (3 juni 2018)..jadinya aneh Candel stiknya..mencar. terimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dihapus aja data tanggal yang salah, dimenu symbol, atau lebih gampang lagi, timpa dengan data yg benar pada tanggal tersebut.

      Delete
  24. gimana ambilnya yang juni juli....setelah
    klik linknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti akan menuju ke suatu halaman web cloud utk melakukan download file dalam bentuk zip, udah disatukan semuanya utk setiap bulan.

      Delete
    2. Siang pak, saya juga mengalami kesulitan utk download bbrp datanya. Masuk ke usercloud dan belum bisa di download. Mhn arahannya pak. Tks.

      Delete
  25. Maaf gan ..untuk bulan agustus 2019 data eod nya salah semua..mohon diperbaiki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. apa yang salah? datanya diambil langsung dari web idx. Mungkin cara importnya yg kurang pas, karena perbedaan format dengan data yg biasa dipakai?

      Delete
  26. Om Mona untuk data EOD nya bagaimana kalo mo buat sendiri? Adakah ada youtube tutorial-nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada euy, kalau mau bikin sendiri bisa ambil data dari web idx.co.id atau coba pakai mansek kabarnya mereka memberikan data ohlcv setiap hari

      Delete
  27. Om mona nanya dong chart BRPT kok error kenapa ya?

    ReplyDelete
  28. Maaf Pak, apakah data EOD bulan agustus tidak ada lagi ? soalnya saya klik linknya tertera 404 not found
    Terima Kasih

    ReplyDelete
  29. om, data harian oct 2019 gak ada ya?

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Om Mona, saya coba download data eod bulan Juli 2018 tp ga bisa.
    blh dibantu ya Om..tks.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak mohon petunjuk untuk eod 2020 MS & FMS. amibroker saya gagal import data apakah ada perbedaan format thn 19 20 atau ada settingan date yg harus dirubah pd pc user, sementara yg bisa dilakukan mengedit manual format mm/dd/yyyy via Text-to-Columns excel. mohon pencerahannya.

      Delete
    2. Hai, bukan gagal import, tetapi format tanggalnya salah interpretasi oleh amibroker. Buktinya coba periksa ke sebelah kiri chart, akan ada data tahun 1920. Utk pengguna EOD paman saham (fms*.*) kita udah pastikan mengatasi bugs tersebut. Silahkan import fms terbaru, dan import sperti biasa.

      Delete
    3. Terimakasih infonya pak, EOD(fms*.*) no issue. sementara format tanggal untuk EOD (ms*.*) saya samakan dgn EOD (fms*.*).

      Delete
  33. kalau mau ikutan subscribe data EOD plus NBSA nya bagaimana ya? saya pakai amibroker

    ReplyDelete
  34. link untuk EOD bulan Mei 2020 sampe hari ini dimana? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
  35. ijin download min,tanks banget

    ReplyDelete
  36. data mei 2020 dan juni 2020 ada pak admin ?

    ReplyDelete
  37. Data Juli dan agustus 2020 ga ada ya paman?

    ReplyDelete
  38. hari ini 24 agsts datanya kosong Om..

    ReplyDelete
  39. Om data ya kosong dan belum ada nih

    ReplyDelete
  40. om, data tgl 24 agustus nya kosong

    ReplyDelete
  41. Om data ya kosong dan belum ada nih

    ReplyDelete
  42. data yang terbaru belum update lagi ya?

    ReplyDelete
  43. om, AFL FQ nya gak bsa didownload
    server offline

    ReplyDelete
  44. Itu data kenapa soal DMY/MDY nya dirubah2/tak disamakan ya?

    ReplyDelete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. NBSA pada https://pamansaham.blogspot.com/2018/03/data-eod-dengan-frekwensi-foreign-net.html : di file Data awal, sy test dari file txt : ** fms awal 3 (2010 - Feb2018)** sepertinya salah. Coba ambil contoh saham AALI, tanggal 27 Oktober 2017, lalu bandingkan dng Net Foreign Buy - Net Foreign Sell di download dari https://www.idx.co.id/en-us/market-data/trading-summary/stock-summary/ lalu bandingkan juga NBSA pada file " Fms171027 " .
    * Di file Data awal (fms awal 3 (2010 - Feb2018)) NBSAnya = 1940000000.
    * Data dari idx. co.id NBSAnya = 132600
    * Data dari file Fms171027 NBSAnya = 132600

    Mohon dicek om NBSA di file fms awal 2 (2000 - 2009) dan fms awal 1 (- 1999).

    Tks

    ReplyDelete
  47. kalau mau minta data keseluruhan bagaimana ya Mas? saya sudah isi google formya tapi ngga ada follow-up

    ReplyDelete
  48. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  49. Data 22 september 2020 : 1, COWL tidak ada. 2. Stock summary kecampur Index Summary : DBX
    IDX30
    IDX80
    IDXBUMN20
    IDXG30
    IDXHIDIV20
    IDXQ30
    IDXSMC-COM
    IDXSMC-LIQ
    IDXV30
    ISSI
    JII
    JII70
    MBX
    MANUFACTUR
    LQ45
    PROPERTY
    MINING

    ReplyDelete
  50. PGJO tgl 8 & 9 januari 2020 tidak ada data, harusnya ada.

    ReplyDelete
  51. om mona, data september - oktober mohon di share linknya, terima kasih.

    ReplyDelete
  52. data sept okt kok belum ada ya uncle?

    ReplyDelete
  53. Data NBSAnya kog beda dengan Brokersummary (foreign) Indo premier ya
    contoh tanggal 19 Nopember NBSA BBCA 17.363.200 sedangkan di Indopremier 573.4 M

    ReplyDelete
  54. data EOD sdh tidak update setiap hari pak ?

    ReplyDelete
  55. Pak mohon info apakah ada update data untuk EOD FMS tahun 2022 ?
    terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete

Komentar anda selalu jadi perhatian kami

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai ...