Tradingview Widget

Saturday, March 3, 2018

Analisa Fundamental dan Teknikal untuk trading saham.

Sebelum membuka posisi dalam trading saham, setiap orang setidaknya melakukan analisa pergerakan harga saham, saat ini di Indonesia analisa yang cukup populer dan banyak pengikutnya adalah :
1. Analisa Fundamental
2. Analisa Teknikal

Ketiga pendekatan tersebut menggunakan data masa lalu untuk memproyeksikan pergerakan harga di masa yang akan datang.. Analisa Fundamental menitikberatkan pada pendekatan kondisi keuangan emiten, melihat angka-angka laba-rugi, peningkatan omzet lalu meletakkan target pergerakan harga. Analisa Teknikal menggunakan grafik melihat pergerakan harga pada masa lampau lalu meletakkan target pergerakan harga.

Pendekatan secara fundamental memerlukan rentang waktu yang paling panjang, memperhitungkan nilai perusahaan untuk membuat keputusan membuka ataupun menutup posisi. Analisa Fundamental memberikan signal beli saat harga pasar berada dibawah nilai perhitungan. Prospek bisnis ataupun peningkatan produksi dan omzet menjadi kriteria penting. Setiap berita yang menyangkut suatu emiten akan dipertimbangkan dalam analisa fundamental.

Pendekatan secara teknikal memiliki rentang analisa yang lebih pendek dari analisa fundamental. Analisa secara teknikal menganggap semua berita dan kejadian sudah tergambar pada grafik. Saat melakukan analisa teknikal berita dan rumor diabaikan hanya mengandalkan apa yang terlihat.

Analisa Teknikal percaya bahwa setiap kinerja emiten sudah tercakup pada pergerakan harga di grafik. Emiten yang mengalami peningkatan kinerja membuat harga di pasar bergerak naik, vice versa. Dengan demikian saat melakukan analisa secara teknikal, maka analisa fundamental sudah diperhitungkan sehingga tidak perlu lagi melihat angka-angka pada laporan keuangan.

Pendekatan Fundamental lebih banyak dikenal karena secara tidak langsung diajarkan secara formal melalui pelajaran akuntansi. Dengan faktor luasnya penggunaan akuntansi, maka penggunaan analisa fundamental bisa diterima secara cepat.

Pendekatan Teknikal sejauh ini sering dianggap sebagai seni karena tidak diajarkan dalam secara formal. Dengan menggunakan garis-garis sederhana, analisa teknikal dapat memproyeksikan dengan baik arah pergerakan.

Untuk seorang yang secara serius menggeluti trading saham, biasanya melakukan kedua pendekatan tersebut. Memilih saham dengan melakukan analisa fundamental, melihat harga perusahaan dan membandingkan dengan harga pasar. Setelah menemukan kriteria yang cocok, kemudia dilakukan analisa teknikal untuk menentukan saat yang tepat membuka posisi.

Ada banyak situs yang membahas analisa fundamental membedah setiap laporan keuangan dan menyajikan kepada publik. Rentang waktu yang panjang sejak membeli hingga menjual seringkali dianggap sebagai investasi, tetapi berdasarkan logika kegiatan tersebut dilakukan untuk mendapatkan peningkatan nilai modal (capital gain), sehingga masih terhitung sebagai kegiatan trading.

Trading berdasarkan analisa teknikal terkadang dianggap sebagai 'trading sebenarnya'. Jika dilihat rentang waktu yang diperlukan sejak membeli hingga menjual saham kadang relatif singkat. Tetapi jarang disadari analisa teknikal digunakan untuk melakukan proyeksi pergerakan harga yang panjang. Tidak pernah ada batasan waktu untuk seorang trader dalam melakukan aktifitasnya.

Pendekatan Fundamental dan Teknikal bisa digunakan dalam rentang waktu yang panjang, tetapi seorang yang melakukan pendekatan teknikal akan menemukan beberapa titik yang menjadi batasan untuk menjual/ membeli.

Dari perbedaan itu secara logis membuat frekwensi trading dengan pendekatan fundamental lebih rendah dibanding frekwensi trading dengan menggunakan pendekatan teknikal. Pergerakan harga yang naik dan turun dalam rentang waktu pendek, bisa dilihat secara teknikal namun tidak terlihat dalam analisa fundamental.

Pemilihan metode analisa bisa berbeda pada tiap orang, tetapi selama tujuannya adalah penambahan modal, bisa dikategorikan sebagai trader belum mencapai tahapan sebagai investor.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Komentar anda selalu jadi perhatian kami

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai ...