Tradingview Widget

Tuesday, August 22, 2017

Layanan untuk para trader

Pasar saham yang sedang mengalami peningkatan (bullish), mendorong pertumbuhan usaha/jasa pendukung. Beberapa bidang usaha yang tumbuh adalah:

1. Layanan stockpick

Layanan ini memberikan kemudahan kepada para trader untuk mendapatkan saham-saham pilihan yang berpotensi memberikan keuntungan/profit. Stockpick yang disampaikan umumnya berupa kode saham, harga entry dan harga exit - saat loss ataupun profit. Layanan ini mulai dari yang kelas premium dengan harga ratusan ribu rupiah perbulan sampai dengan layanan yang gratis. Melalui blog ini, diberikan juga stockpick yang dilengkapi dengan chart. Beberapa trader merangkap analis juga membagikan analisa secara melalui berbagai media, seperti email, media sosial (twitter, facebook, whatsapp dan telegram). 
Kelebihan layanan ini adalah trader bisa mendapatkan keuntungan lebih cepat, tanpa perlu repot melakukan analisa. Saham yang diberikan adalah saham yang sudah dianalisa baik secara teknikal ataupun fundamental.
Kekurangan layanan ini adalah menciptakan ketergantungan pada pemberi layanan. Kesesuaian cara trading antara pemberi stockpick dengan trader penerima, cukup mempengaruhi hasil trading. Seorang analis dengan tipikal scalper tentu saja akan memberikan rekomendasi pada saham-saham yang bergerak cepat baik saat naik ataupun turun, sehingga bila trader penerima belum terbiasa tentu saja akan kesulitan dan menanggung resiko. Dari sisi lain, pergerakan harga di pasar saham sulit ditentukan, sehingga untuk mengeksekusi tetap diperlukan kemampuan dasar untuk menilai pergerakan harga.

2. Layanan tools / charting

Layanan ini memberikan alat analisa. Layanan ini diberikan dalam bentuk data, berupa angka maupun chart. Layanan ini tersedia dengan harga dari jutaan rupiah sampai gratis. Setiap trader yang menerima layanan ini bisa menginterpretasikan pergerakan harga, menentukan titik entry maupun titik exit secara mandiri.
Kelebihan layanan ini ada pada fleksibilitas, bisa dilakukan dimanapun dengan data yang sudah update. Dengan mendapatkan layanan ini, trader tidak perlu melakukan charting sendiri, karena sudah tersedia melalui jalur khusus. 
Kekurangannya adalah penyajian data, tidak bisa menyesuaikan dengan tingkat kenyamanan trader. Trader harus bisa menyesuaikan cara trading dengan alat yang diberikan. Analisa yang tidak sesuai dengan alat yang tersedia akan menyulitkan trader.

3. Layanan edukasi

Layanan ini memberikan pengetahuan dasar, mengenai pasar saham, melakukan analisa fundamental ataupun analisa teknikal. Saat ini, penyampaian materi bisa dilakukan secara offline melalui seminar, short course  ataupun secara online. Layanan ini adalah layanan yang paling banyak menyita waktu. Untuk memahami pergerakan harga tentu saja setiap orang dituntut untuk mempelajari sendiri dan mengeksekusi sesuai dengan hasil analisanya sendiri. Harga yang ditawarkan juga variatif, kadang melalui forum diskusi tertentu secara gratis, melalui website ataupun blog yang juga gratis, atau yang berharga jutaan.
Kelebihan layanan ini adalah trader diberikan pengetahuan dasar untuk dikembangkan sesuai dengan tipe sendiri. Kondisi perekonomian akan membawa perubahan pada pasar, dengan bekal kemampuan analisa, trader akan sanggup beradaptasi dan bertahan di tengah pasar. Kelebihan lainnya adalah kemampuan melakukan analisa akan terus berkembang, sejalan dengan waktu, maka kemampuan ini akan terus bertambah, mengalami akselerasi seiring dengan praktek dalam real trading.
Kekurangan layanan ini adalah keterbatasan waktu untuk mempelajari. Karena layanan ini seperti memberikan kail dan bisa digunakan berulang kali tanpa batas waktu, tetapi untuk menggunakan kail itu tentu harus dengan mengalami sendiri.


Tiga layanan diatas tumbuh bersama, dan bersinergi, tetapi kadang juga saling membunuh. Penyedia layanan stockpick harus memberikan layanan edukasi gratis pada trader pengguna layanannya, alasannya jelas untuk menyesuaikan mindset trader penerima layanan dengan penyedia layanan. Dengan penyesuaian mindset, persentase keberhasilan rekomendasi diharapkan membaik. Sebab rekomendasi sebagus apapun, bila mindset trading tidak sesuai, maka hasilnya tidak optimal. Layanan edukasi yang diberikan bisa membantu trader dalam keseharian, kesesuaian mindset ini akan menyulitkan trader untuk berpindah pada pemberi layanan lain, karena tentu diperlukan penyesuaian lagi. Layanan gratis ini akan membuat trader lebih bergantung pada rekomendasi yang diberikan.

Layanan tools digabungkan dengan layanan edukasi tujuannya adalah agar trader bisa menggunakan tools sesuai dengan tujuan tools itu dibuat. Bila sebuah tools dimaksudkan untuk bottom fishing tentu saja kurang optimal bila digunakan untuk scalping. Layanan edukasi ini jelas tujuannya adalah mempelajari tools yang diberikan, seharusnya setiap peserta yang sudah membeli layanan tools ini mendapatkan edukasi untuk menggunakan.

Layanan edukasi kurang menarik, karena hasilnya butuh waktu lama. Pengetahuan yang didapat harus dipraktekkan dan belum tentu memberikan hasil postif secara instan. Biasanya penyedia layanan edukasi tidak bisa digabungkan dengan layanan lain, karena pertentangan tujuan. Edukasi bertujuan menciptakan trader mandiri, melakukan analisa, mengeksekusi dan menikmati hasilnya sendiri. Dengan mengikuti layanan edukasi, seseorang didorong untuk mencari peluang sendiri sesuai dengan analisa yang disusun, menerapkan disiplin 

Setiap orang bisa memilih beberapa layanan sekaligus, untuk mencapai tujuan investasi. Melalui beragam cara untuk mencapai tujuan tersebut, tetapi investasi terbaik adalah pada diri sendiri, pengetahuan selalu memberikan hasil terbaik.

1 comment:

Komentar anda selalu jadi perhatian kami

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai ...