Tradingview Widget

Saturday, August 5, 2017

Kinerja Analisa Bulan Juli

Sepanjang bulan Juli, telah dipublikasikan 16 analisa yang dibagi menurut media publikasi yaitu 6 melalui blog Paman Saham dan 10 analisa melalui channel Youtube. Beberapa yang dipublikasikan secara tebatas melalui chat group di telegram.




 Pada tabel di atas, untuk analisa dengan hasil profit diberi warna hijau, yang gagal diberi warna merah dan yang masih dalam status terbuka diberi warna kuning.

Publikasi melalui blog ini 3 exit dengan kondisi loss, rata-rata -2,66%. Sedangkan posisi profit diraih oleh MIKA dengan catatan sebesar 14.7%. Dua saham yaitu BNGA dan KAEF masih dalam keadaan terbuka, belum menyentuh titik exit, baik cutloss ataupun profit target.

Publikasi melalui Youtube Channel, 5 saham memberikan hasil profit dengan rata-rata 5.11%. Sedangkan saham yang menyentuh level cutloss ada 3, dengan rata-rata -3,51%. Saham BBCA dan TINS masih dalam keadaan terbuka, belum menyentuh exit level.

Secara total
Analisa yang dipublikasikan : 16
Exit loss                             : 6
Exit profit                           : 6
Rata-rata loss                     : -3.09%
Rata-rata profit                   : 6.71%
Posisi terbuka                      : 4
Kumulatif profit.loss             : 21.73%
Rata-rata waktu trading        : 5 hari

Untuk penyumbang profit terbesar dihasilkan oleh #MIKA, dan loss terbesar dari saham #AISA.
Profit dengan nominal terbesar didapat dari saham #MIKA dan nominal loss terbesar dari saham #AALI

Beberapa kesalahan yang mengakibatkan loss karena mencoba melawan trend, seperti terjadi pada analisa saham #AISA, yang hanya mengandalkan candle pembalikan arah, Kesalahan saat menentukan target pergerakan dengan fibonacci, seperti yang terjadi pada analisa saham #ANTM, yang kurang cermat saat membaca chart, sehingga level profit taking menjadi tinggi dan tidak tersentuh. Kekurang cermatan dalam menentukan target exit juga terjadi pada analisa saham #MEDC, sehingga memotong potensial profit yang bisa dicapai.

Faktor-faktor yang kemungkinan memperbesar kerugian adalah faktor psikologi. Ada 2 saham yaitu #TINS dan #BBCA terlihat berhenti tepat di level stoploss. Hal ini tentu saja memberikan beban tersendiri untuk trader, dimana ketidakpastian ditengah pasar kemungkinan akan mendorong untuk segera keluar dalam posisi loss.

Semoga dalam bulan Agustus ini, kinerja analisa bisa ditingkatkan, sehingga menghasilkan lebih banyak profit lagi.


No comments:

Post a Comment

Komentar anda selalu jadi perhatian kami

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai ...