Tradingview Widget

Thursday, August 17, 2017

Nyangkut dengan tenang

Nyangkut, kata yang bisa membuat semua trader jadi galau, terbayang cut loss, kehilangan uang, dan banyak mimpi buruk lainnya.
Apakah bisa trading tanpa nyangkut? Bisa, gunakan cutloss, merah dikit, cutloss, hijau banyak, diamkan, nikmati pertumbuhan. Semudah itu? Yah semudah itu.
Hidup ditengah bursa saham harus membahagiakan. Jangan pernah anti cutloss, setiap orang berhak melakukan kesalahan, dan obat terbaik adalah cutloss, sebelum kesalahan itu membesar dan memakan lebih banyak. 
Pernyataan itu tidak melarang nyangkut, karena nyangkut itu adalah pilihan bebas tiap individu, yang akan dibahas saat ini adalah nyangkut dengan tenang, minim galau. 
Dalam beberapa kesempatan, dengan melampirkan gambar, sudah sering diperlihatkan bagaimana memilih nyangkut dengan sadar dan bebas galau. Caranya sederhana, dengan mengikuti trend naik.
Mengikuti trend naik, berarti membiarkan trend membawa pertumbuhan pada dana yang ditanamkan. Apakah dengan mengikuti trend naik akan menghilangkan resiko nyangkut? Tidak selalu sperti itu, nyangkut adalah pilihan, setiap orang bisa memilih nyangkut dengan pertimbangan sendiri. Dengan mengikuti trend naik, nyangkut dengan tenang, dengan keyakinan akan segera terlepas, sebelum timeframe yang kita tentukan selesai,
Mari langsung praktek dengan chart.



Perhatikan chart KLBF di atas, titik optimal untuk masuk tentu ada di titik 1. Tetapi bila terjadi ketidaksengajaan masuk di titik 2, ternyata bisa lepas saat harga mencapai titik 4.
Bagaimana bila kecelakaan masuk di titik 4? Apakah bisa lepas?

Mari kita liat perjalanan harga, dari titik 1 ke titik 2 naik cukup tinggi dan koreksi ke titik 3. lalu mebali rebound bahkan mencapai titik 4 dan mengalami koreksi lagi


Perhatikan titik dasar lembah (low) yang sudah terbentuk. Saat di titik 3, sebagai dasar lembah, terlihat tidak lebih rendah dari titik 1, begitupun titik 3A lebih tinggi dari titik 3 dan titik 3B lebih tinggi dari titik 3A. Dari dasar lembah kita bisa melihat terjadi peningkatan, Sekarang perhatikan koreksi yang terjadi setelah harga tertinggi di titik 4. Ternyata masih lebih tinggi dari titik 3B.
Dari perjalanan itu, bisa sedikit lebih tenang, selama harga tidak membentuk titik dasar lembah yang lebih rendah dari dasar lembah sebelumnya - biasa disebut lower low - harga lebih berpeluang naik lebih tinggi. 

Sekarang perhatikan pergerakan harga di antara titik 2 ke titik 3. Pergerakan harga membentuk lower low, maka bila masuk saat harga berada di titik 2, maka trader akan nyangkut sampai saat harga menuju titik 2A barulah lepas.

Dari rentang titik 1 sampai titik 4, masuk di titik manapun lebih mudah terlepas bahkan mendapatkan keuntungan. Trader hanya perlu memilih waktu yang tepat, untuk masuk dan mendapatkan waktu yang optimal.

Sekarang mari lihat contoh saham yang bikin galau.


Dengan chart seperti MLPL, dimana titik entry terbaik? Bila terjadi kecelakaan dan masuk di suatu titik, apakah bisa lepas dengan mudah? Bukan hal mustahil untuk mendapatkan keuntungan dari saham seperti ini, tetapi aturan BEI lebih berpihak pada saham uptrend. Sebagai retail hanya dimungkinkan untuk menghasilkan profit saat harga bergerak naik.

Dengan melihat contoh di atas, pilihan ada ditangan trader, karena nyangkut adalah pilihan bebas, apakah ingin nyangkut dengan hati tenang, atau nyangkut dalam galau?

Tujuan menjadi trader adalah menghasilkan uang dengan tenang, bukan hidup dalam ketakutan karena nyangkut.

Salam cuan untuk kita semua.


2 comments:

  1. evaluasi ini dilakukan dalam period daily, weekly atau monthly?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Evaluasi yg dilakukan bergantung pada timeframe setiap trader. Maksudnya begini, bila trader memilih entry dengan pertimbangan trend mingguan, tentu saja level yang dijadikan alasan untuk evaluasi adalah pada chart mingguan, berarti setiap candle terbentuk sempurna pada hari Jumat. Agak membingungkan bila pembentukan candle belum sempurna di hari Selasa, lalu langsung pada tahap pengambilan keputusan. Untuk mengikuti trend dengan baik, selalu perhatikan trend jangka panjang.

      Delete

Komentar anda selalu jadi perhatian kami

Data EoD dengan Frekwensi, Foreign Net Buy/ Sell dan Valuasi Transaksi harian

Kebutuhan data transaksi perdagangan di Bursa Efek Indonesia sangat tinggi, setiap institusi mencoba memberikan yang terbaik. Ada berbagai ...